Berkembangnya jurnalisme warga (citizen journalism), memberikan banyak ruang kepada khalayak untuk saling memberikan informasi satu sama lain. Media social menjadi salah satu media bagi mereka yang berperan aktif untuk menyalurkan informasi yang ada di dekatnya kepada masyarakat umum.
Berkembangnya citizen journalism ini tidak lepas dari berkembangnya jurnalisme online. Dan salah satu skill yang harus dimiliki oleh wartawan media online adalah blogging.
Berangkat dari kedua alasan tersebut, terciptalah Kompasiana. Kompasiana adalah salah satu media warga (citizen media) yang berada di bawah naungan media Kompas Gramedia. Ide ini muncul dari sebuah fakta bahwa tidak semua jurnalis akrab dan kenal dengan budaya blogging.
Pada tanggal 1 September 2008, Kompasiana mulai online sebagai blog jurnalis. Pada perjalanannya, Kompasiana berkembang menjadi Social Blog atau blog terbuka bersama para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia (KG) serta beberapa orang penulis tamu dan artis. Antusiasme para blogger dan netizen untuk ikut ngeblog di Kompasiana sangat besar sehingga dibuatkan satu menu khusus bernama Public. Pada 22 Oktober 2008, Kompasiana sebagai Social Blog resmi diluncurkan.
Dengan adanya social blog ini, para Kompasianer (pengguna kompasiana) bisa menyalurkan aspirasinya dengan wadah yang lebih terstruktur. Selain itu, kompasianer bisa menambah informasi dan pengetahuan yang lebih luas dengan membangun relasi dan hubungan baik dengan sesama kompasianer lainnya.
Walaupun terkadang, dengan pengguna yang banyak seperti itu, mungkin tidak semua pengguna mengirimkan informasi yang actual dan factual.
Namun, di luar itu, keberadaan Kompasiana menampung beragam konten yang menarik, bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan dari semua lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang budaya, hobi, profesi dan kompetensi. Keterlibatan warga secara masif ini diharapkan dapat mempercepat arus informasi dan memperkuat pondasi demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Berkembangnya citizen journalism ini tidak lepas dari berkembangnya jurnalisme online. Dan salah satu skill yang harus dimiliki oleh wartawan media online adalah blogging.
Berangkat dari kedua alasan tersebut, terciptalah Kompasiana. Kompasiana adalah salah satu media warga (citizen media) yang berada di bawah naungan media Kompas Gramedia. Ide ini muncul dari sebuah fakta bahwa tidak semua jurnalis akrab dan kenal dengan budaya blogging.
Pada tanggal 1 September 2008, Kompasiana mulai online sebagai blog jurnalis. Pada perjalanannya, Kompasiana berkembang menjadi Social Blog atau blog terbuka bersama para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia (KG) serta beberapa orang penulis tamu dan artis. Antusiasme para blogger dan netizen untuk ikut ngeblog di Kompasiana sangat besar sehingga dibuatkan satu menu khusus bernama Public. Pada 22 Oktober 2008, Kompasiana sebagai Social Blog resmi diluncurkan.
Dengan adanya social blog ini, para Kompasianer (pengguna kompasiana) bisa menyalurkan aspirasinya dengan wadah yang lebih terstruktur. Selain itu, kompasianer bisa menambah informasi dan pengetahuan yang lebih luas dengan membangun relasi dan hubungan baik dengan sesama kompasianer lainnya.
Walaupun terkadang, dengan pengguna yang banyak seperti itu, mungkin tidak semua pengguna mengirimkan informasi yang actual dan factual.
Namun, di luar itu, keberadaan Kompasiana menampung beragam konten yang menarik, bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan dari semua lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang budaya, hobi, profesi dan kompetensi. Keterlibatan warga secara masif ini diharapkan dapat mempercepat arus informasi dan memperkuat pondasi demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
0 comments :
Post a Comment